fanfiction atau yang biasa disebut ff adalah bacaan saya sehari-hari. tapi masih banyak yang suka nanya “ff itu apa sih?”. menurut wikipedia, fanfiction atau yang biasa disebut ff adalah sebuah sebutan yang dikenal luar untuk karya-karya yang dibuat penggemar yang berhubungan dengan cerita tentang para tokoh (atau tokoh fiksi), atau latar yang dibuat oleh penggemar dari sebuah karya asli, alih-alih sang pembuat karya tersebut.

Jadi, si author FF ini buat novel, cerpen dan segala macem nya dengan menggunakan si idola sebagai karakternya. terkadang author buat karakter sendiri yang sebenernya ngga ada di dunia nyata. seperti buat karakter untuk jadi pacar, istri ataupun anak si idola. seorang author membuat plot cerita sesuai dengan imajinasi author tersebut. so, biasa aha author buat si idola mati padahal idola tersebut masih jogat joget di panggung sana sini.

Fanfiction banyak jenis-jenisnya. dari yang angst, fluff, drama, comedy, fantasy dan lain lain. angst itu cerita yang dibuat author cerita nya sedih-sedih, fluff yang unyu unyu, drama yang kaya sinetron, comedy yang bisa bikin ketawa-tawa, fantasy yang ngga masuk di akal. dan masih banyak jenis fanfiction yang lain. 

Fanfiction di buat dalam berbagai bahasa. dari korea, china, jepang, english sampe bahasa indonesia. dan terkadang dari satu fanfiction bisa ada terjemahan nya sampe ke 10 bahasa saking bagus nya ff itu kaya. penulis-penulis terkenal gitu..

ada banyak website-website yang menyediakan perkumpulan ff. seperti asianfanfics.com yang main bahasanya inggris dan ada ratusan ribu ff yang ditulis disitu. fanfiction.net dan masih banyak blog-blog personal si author. jadi sekarang untuk baca ff ngga sesusah dulu. udah banyak yang nyediain.

so… sekian

Advertisements