Sama hal nya seperti barang elektronik lainnya. kamera DSLR juga membutuhkan perawatan ekstra, Merawat kamera DSLR merupakan kewajiban setiap fotografer. Harga kamera DSLR relatif mahal, sehingga perawatan kamera menjadi hal wajib agar kita tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk perawatan maupun perbaikan. berikut adalah cara mudah merawat kamera dslr.

PASANG SCREEN PROTECTOR PADA LCD & FILTER UV PADA LENSA

Screen potector sangat berguna dalam perawatan dasar lensa dan kamera dslr. Fungsinya adalah sebagai pelindung lLCD dari goresan. Layar LCD yang tergores tentu akan mengganggu fungsinya sebagai penampil gambar. Filter pada lensa juga hampir sama dengan sun protector. jika screen protector melindungi layar LCD kamera, filter UV melindungi permukaan optik lensa dari goresan, debu, air, dsb.

BERSIHKAN BODY KAMERA DAN LENSA SETIAP SELESAI DIGUNAKAN

Membersihkan kamera dan lensa setelah digunakan sangatlah penting. Hal ini untuk menjaga agar saat disimpan, baik kamera ataupun lensa dalam keadaan yang bersih dari debu maupun kotoran lain yang bisa masuk ke bodi kamera maupun lensa.

LEPASKAN BATERAI DAN LENSA DARI BODY KAMERA SAAT DISIMPAN

Melepaskan baterai dan lensa saat disimpan, terutama untuk penyimpanan yang lama sangat penting. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya aliran listrik yang terus menerus ke kamera untuk waktu yang lama yang bisa menyebabkan kerusakan fungsi elektrik dalam kamera.

JAGA KELEMBAPAN AGAR TIDAK BERLEBIH

Masalah yang sering dihadapi oleh fotografer adalah peralatan fotografi, terutama lensa yang berjamur. Hal ini terjadi karena penyimpanan lensa berada pada kelembapan yang cukup tinggi sehingga memungkinkan tumbuhnya jamur di dalam lensa. Menjaga agar kamera dan lensa tidak berada di tempat yang lembap dapat diusahakan dengan dry box, dry cabinet, atau alat yang dapat di kontrol kelembapannya. Salah satu alat yang mudah adalah kotak tupperware dengan ditambahkan silica gel yang berfungsi menyerap uap air di dalam kotak.

GANTI LENSA DI TEMPAT YANG KERING DAN BERSIH

Salah satu hal yang harus di perhatikan dalam merawat kamera DSLR adalah pada saat penggantian lensa. Penggatian lensa adalah saat-saat yang kritis, karena pada saat mengganti lensa ada kemungkinan debu, air, dan partikel kecil lainnya bisa masuk dan mengakibatkan kotornya optik lensa maupun sensor gambar.

SELALU TUTUP LENSA DENGAN LENSE CAP SAAT TIDAK DIGUNAKAN

Menutup lensa dengan lense cap ketika kamera tidak digunakan sangat penting. Hal ini berfungsi untuk mengurangi kemungkinan adanya partikel debu dan air masuk ke lensa maupun mencegah benturan filter lensa dengan benda-benda lain,

sumber:

http://belfot.com/11-tips-merawat-kamera-lensa-awet/

http://sewakamerajogja.net/artikel-fotografi/tips-mudah-merawat-lensa-dan-kamera-dslr/

Advertisements